Mengenal 11 Struktur Sel Hewan dan Fungsinya






Mengenal 11 Struktur Sel Tumbuhan, Apa Saja?

Sementara struktur sel adalah suatu pengaturan dan hubungan antar unsur-unsur atau elemen-elemen sel yang saling berhubungan dalam suatu kesatuan sistem sel sebagai unit terkecil dari makhluk hidup.

Sel sendiri terdiri atas berbagai komponen kimiawi, mulai dari karbohidrat, lemak, protein, asam nukleat, air, vitamin, hingga mineral.

Lalu, bagaimana dengan struktur sel hewan dan fungsinya? Berikut penjelasannya.

1. Membran sel
Ilustrasi. Mengenal struktur sel hewan dan fungsinya, salah satunya membran sel (Foto: REUTERS/YVES HERMAN)
Membran sel atau juga dikenal sebagai membran inti sel hewan merupakan lapisan terluar dari sel. Fungsinya sebagai pelindung isi sel dan mengatur keluar masuknya zat dari dan ke dalam sel.

Zat yang dapat melewati dinding sel, yaitu air, zat yang larut dalam lemak, dan ion tertentu.

2. Nukleus
Nukleus atau inti sel adalah bagian dari sel yang tersusun dari air, protein, dan mineral. Inti sel terdiri dari nukleolus dan benang kromosom.

Kromosom merupakan pembawa sifat menurun yang di dalamnya terdapat DNA atau RNA. Fungsi nukleus sebagai pusat pengatur seluruh kegiatan sel.

3. Sitoplasma
Mengutip buku Pengayaan Materi IPA SD berjudul Struktur Fungsi & Metabolisme Tubuh Tumbuhan karya Dedi Herawadi, sitoplasma adalah bagian cair di dalam sel yang fungsinya sebagai pelarut zat kimia serta menjadi media terjadinya reaksi kimia sel.

Bagian dari struktur sel hewan ini juga berfungsi untuk menjalankan fungsi-fungsi kehidupan atau metabolisme.

4. Retikulum endoplasma
Retikulum endoplasma adalah struktur benang-benang yang bermuara di inti sel dan terdiri dari RE granuler dan RE agranuler. Fungsinya adalah untuk menyusun dan menyalurkan zat-zat ke dalam sel atau ibaratnya sebagai alat transportasi zat dalam sel.

Retikulum endoplasma memiliki dua bentuk, yaitu kasar dan halus. Retikulum endoplasma kasar karena ditempeli banyak ribosom, sedangkan yang halus tak ada ribosomnya.

Lihat Juga :

Masuk Penginapan dan Minum Alkohol, Seekor Babun Ganggu Liburan Wanita
5. Ribosom
Ribosom adalah butiran bulat yang melekat sepanjang retikulum endoplasma, meski ada juga yang bebas di stioplasma. Fungsinya sebagai tempat untuk sintesis protein.

6. Lisosom
Ilustrasi. Mengenal struktur sel hewan dan fungsinya, salah satunya lisosom (Foto: CNN Indonesia/ Lidya Julita)
Lisosom adalah kantung kecil bermembran tunggal yang mengandung enzim pencernaan. Fungsinya untuk mencerna bagian-bagian sel yang rusak atau zat asing yang masuk ke dalam sel. Selain itu, lisosom juga merupakan tempat penghasil dan penyimpan enzim pencernaan seluler.

7. Badan golgi
Badan golgi adalah kumpulan ruang atau gelembung kecil yang bertumpuk. Fungsinya sebagai alat pengeluaran (sekresi) protein dan lendir, sehingga kerap disebut organel sekresi.

8. Mitokondria
Mitokondria merupakan bagian sel yang memiliki membran dalam dan luar seperti cerutu dan berlekuk-lekuk. Fungsinya sebagai tempat proses respirasi untuk menghasilkan energi.

9. Sentriol
Struktur tubuh sel hewan selanjutnya adalah sentriol yang berbentuk seperti tabung pada sel. Fungsinya untuk pembelahan sel dengan membentuk flagela/silia.

10. Sentrosom
Bagian sel yang berbentuk seperti bintang ini berfungsi dalam pembelahan sel (mitosis atau metosis) secara aktif.

11. Flagela/silia
Flagela merupakan bagian sel yang berfungsi sebagai penyokong gerakan dan komunikasi antarsel. Selain itu, bagian dari struktur sel hewan ini juga bertugas untuk mengatur atau menjaga bentuk sel dan tempat melekatnya organel-organel.



Sumber : https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20221121163448-569-876588/mengenal-11-struktur-sel-hewan-dan-fungsinya





0 komentar